Kamis, 03 Mei 2012

Penetasan Telur Gurami

Penetasan telur gurami dapat dilakukan pada kolam semen, bak plastik/fiber atau baskom. Pembudidaya umumnya menggunakan drum plastik bekas bahan kimia berwarna biru yang dipotong menjadi dua bagian, atau baskom plastik (warna hitam). Cuci bersih wadah yang akan digunakan sebagai tempat penetasan, upayakan benar-benar bersih dari bahan kimia atau bahan beracun dan berbahaya lainnya dari wadah. Gunakan deterjen saat pencucian pertama kali, lalu dapat diulang menggosok permukaan bagian dalam wadah dengan potongan gedebog pisang. 

Setelah wadah benar-benar bersih, isi dengan air bersih (tidak harus jernih), dari kolam/sawah/danau/irigasi, air sumur yang sudah diendapkan 2 hari, atau air PAM yang sudah diendapkan lebih dari 4 hari. Jangan menggunakan air PAM yang mengandung kaporit tinggi (biasanya tercium bau kaporit). 

Letakan wadah ditempat yang terlindung dari hujan dan pemangsa telur, tetapi boleh terkena sinar matahari saat pagi dan sore hari. Isi wadah dengan telur-telur yang akan ditetaskan. Wadah yang berasal dari potongan drum dapat menampung hingga 10,000 butir telur. Dua hari kemudian sebagian telur-telur sudah menetas, akan bergerak biasanya berputar-putar dan berkelompok. Siapkan tempat untuk pendederan, karena pada hari ke 3-4 larva gurami sebaiknya sudah dipindahkan ke kolam pendederan.

    Telur dan Larva Gurami, berusia 2 hari di dalam bak penetasan

Di kolam pendederan (usia 4-5 hari) larva sudah berenang dengan perut buncit berisi kuning telur, sehingga belum perlu diberi pakan. Pemberian pakan dimulai saat larva berusia 7-8 hari, dengan memberikan cacing sutera (Tubifex), Artemia atau Kutu Air (Daphnia). Jika kolam pendederan menggunakan air sungai, sawah, danau atau irigasi, kutu air sudah ada pada air tersebut, namun jumlahnya tidak diketahui apakah cukup atau tidak dengan populasi benih gurami di kolam pendederan. Sehingga pemberian cacing sutera wajib dilakukan.

    Larva Gurami, berusia 4 hari masih berada di bak penetasan

    Larva Gurami, berusia 5 hari saat akan dipindahkan ke kolam pendederan

    Penebaran bibit gurami di kolam pendederan di lokasi "Cinta Gurami"
Setelah 15-20 hari, lakukan seleksi dan kelompokan sesuai ukuran lalu pisahkan kolam pendederan untuk masing-masing ukuran, agar pertumbuhan bibit gurami seragam, dan mudah penentuan harga jika ada pesanan. 

5 komentar:

  1. kenapa guna daun pisang?...apa gunanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunanya untuk peneduh dari sinar matahari langsung, biasanya larva dan anak gurami akan berkumpul di tempat itu, sehingga mudah memberi pakan. Tidak harus daun pisang, itu karena mudah didapat. Bisa mengunakan jenis daun lainnya, jika ada daun kelapa (1/3 atau 1/4, dibagian ujung) akan sangat baik, karena anak ikan akan mudah keluar untuk menghirup udara/oksigen dari permukaan air.

      Hapus
  2. UD. Nabila Farm

    Telur gurami yang kami hasilkan sangat berkualitas dan mempunyai daya tetas diatas 95 %, telah terbukti dengan penanganan yang baik hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
    Komoditas : Telur gurame Soang, Jepun, Bastar dan Angsa
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tenang / sumur.
    Kolam : Terpal/Tembok (kedalaman air 20-60cm)
    Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 24 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / butir / BOX
    Telur : 50.000 butir (5 paket) untuk luar pulau dikemas dalam 10 plastik beroksigen.
    Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pembelian minimal 1 paket (10.000 butir)
    Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi pembudidayaan silahkan contak person Widodo 085753563403 / 081227354545, atau kunjungi kami di www.guraminabila.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS). Kami memberikan garansi telur selamat sampai ke tujuan.
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    BalasHapus
  3. ukuran kolam yang diperlukan untuk memelihara ikan guame sebanyak 10.000 ekor ukuran korek memmerlukan brapa besar ukuran kolam.

    BalasHapus
  4. Artikelnya bermanfaat sekali, thank you udah sharing gan. Btw baru tahu kalo ikan gurame gabole pakek Air PAM berkaporit tinggi

    BalasHapus