Kamis, 26 April 2012

Seleksi Bibit Gurami

Salah satu kegiatan harian pada Segmen Pendederan adalah Seleksi/Penyortiran/Pengelompokan sesuai ukuran ("Sortir" atau "Surtil", bahasa yang umum digunakan oleh masyarakat pembudidaya ikan air tawar), Dengan seleksi sesuai ukuran tersebut perkembangan dan pertumbuhan bibit/benih gurami akan lebih seragam. Kegiatan ini dilakukan setiap 10 hari terhadap kolam yang sama, artinya jika ada 10 kolam, setiap hari ada kolam yang harus diseleksi. Padahal kegiatan pada budidaya bibit/benih gurami tidak hanya pada kegiatan seleksi saja. 


Setiap kolam ukuran 4 x 6 m2 biasanya terisi 10-20 ribu ekor bibit/benih gurami, seleksi bibit gurami dibagi ke dalam dua ukuran. Bagi pembudidaya yang sudah terbiasa, pengelompokan terhadap 10-20 ribu ekor dapat dilakukan dalam waktu 1-1,5 jam. Kegiatan pengelompokan sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat matahari masih rendah, dan diupayakan selesai sebelum pukul 10 pagi, sehingga temperatur air belum terlalu tinggi saat bibit/benih gurami dikembalikan ke kolam, dan masih ada waktu untuk pemberian pakan, pemeliharaan kolam, penggantian air, siphon kolam (membersihkan dasar kolam), dan masih banyak pekerjaan lainnya.


Setelah seleksi, dilakukan penghitungan pada masing-masing kelompok. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui berapa besar kehilangan selama pemeliharaan (sekitar 10 hari). Kehilangan dapat diakibatkan oleh kematian, dimangsa oleh burung, kelelawar, larva capung, dll. 


Saat yang paling menggembirakan pembudidaya adalah, setiap kali melakukan seleksi bibit/benih gurami karena ada pesanan pembelian, dan ini sangat sering terjadi. 

2 komentar:

  1. Ini adalah pekerjaan hati ...

    BalasHapus
  2. w0w...sangat menjanjikan usaha gurameh ya pak?

    BalasHapus