Kamis, 26 April 2012

Seleksi Telur dan Larva Gurami

Seleksi yang pertama kali dilakukan oleh pembudidaya bibit gurami adalah, membuang/menyingkirkan telur mati dari larva  yang sudah mulai bergerak, sehingga pertumbuhan larva tidak terganggu oleh penyakit akibat pembusukan telur yang mati/tidak menetas, juga membuang lapisan minyak dari penetasan telur-telur manjadi larva di permukaan air.


Alat yang digunakan pada kegiatan seleksi ini antara lain, a. Baskom Besar sebagai penampung telur dan larva, b. Baskom Kecil, sebagai penampung saat pemisahan dan c. Mangkuk Plastik, sebagai alat pemisah dan penghitung.
Pak Pardi sedang sortir larva gurami - foto "Cinta Gurami"
Selain memisahkan telur mati, kegiatan ini dimanfaatkan oleh pembudidaya untuk menghitung jumlah larva yang hidup sebelum ditebar di kolam, untuk kemudian dibandingkan dengan penghitungan pada seleksi selanjutnya biasanya setelah 10-20 hari kemudian. Itupun jika larva belum dipesan oleh pembudidaya lain.



2 komentar:

  1. Hal ini sangat menarik ... Winarto

    BalasHapus
  2. UD. Nabila Farm

    Telur gurami yang kami hasilkan sangat berkualitas dan mempunyai daya tetas diatas 98 %, telah terbukti dengan penanganan yang baik hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
    Komoditas : Telur gurame Soang, Jepun, Bastar dan Angsa
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tenang / sumur.
    Kolam : Terpal/Tembok (kedalaman air 20-60cm)
    Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 24 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / butir / BOX
    Telur : 50.000 butir (5 paket) untuk luar pulau dikemas dalam 10 plastik beroksigen.
    Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pembelian minimal 1 paket (10.000 butir)
    Sistem pembibitan yang kami terapkan adalah sistem pembibitan intensif sehingga dapat memberi layanan telor gurami yang berkelanjutan, berkualitas dan murah. Kolam tanah, kolam semen dan kolam terpal, aquarium, pakan, probiotik, pupuk, oksigen, kantong plastic, stereform untuk pengemasan pengiriman jarak jauh dan sebagainya merupakan sumber daya yang kami miliki sehingga mendukung untuk produksi telur dan penjualan bibit sampai ke konsumen.
    Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi pembudidayaan silahkan contak person Widodo 085753563403 / 081227354545, atau kunjungi kami di www.guraminabila.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS). Kami memberikan garansi telur selamat sampai ke tujuan.
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    BalasHapus